Loading...

Apakah Itu Identitas ?

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai apa itu identitas.
 
 
Pengertian Identitas adalah suatu ciri ciri atau tanda-tanda yang melekat pada diri seorang individu yang menjadi ciri khasnya. Identitas sering dihubungkan dengan atribut yang disematkan kepada individu yang sebenarnya memiliki sifat majemuk. Contohnya atribut gender (pria atau wanita) yang hadir secara kodrati pada seseorang bisa bergandeng dengan atribut- atribut kodrati lainnya yang tidak bisa ditolak seseorang sejak ia lahir, seperti aga­ma, suku, ras, kasta maupun kebangsaan. Selain identitas atau atribut yang bersifat kodrati (diberikan oleh Tuhan sejak lahir), ia juga bersifat non-kodrati atau bisa dibuat akibat dari usaha seseorang. Cotohnya kelas pendidikan, ekonomi, sosial dan agama. Dua jenis atribut atau lebih bisa melekat pada setiap individu. Seorang Muslim adalah Batak dan pada saat yang sama beridentitas kelas menengah, kelas terdidik, dan sebagainya.
 
Identitas bisa berdampak positif juga bisa berdampak negatif. Jika identitas tersebut dapat menimbulkan rasa bangga, baik bagi dirinya maupun komunitasnya, maka identitas bernilai positif. Sebaliknya identitas dapat melahirkan masalah manakala ia menjadi alasan untuk berkonflik bahkan berperang. Banyak contoh konflik yang tidak lepas dari persoalan identitas kelompok, seperti konflik suku, ras dan agama yang sering terjadi di berbagai belahan dunia. Konflik suku di Rwanda (suku Hutsi dan Tutsi), konflik agama di India (Muslim-Hindu), di Serbia (Islam dan Katolik), di Palestina (Islam dan Yahudi), di Irak (Sunni dan Syi’ah). Konflik serupa terjadi pula di sejumlah daerah di Indonesia, seperti konflik suku di Kalimantan Barat antara suku Madura dan Dayak, atau konflik bernuansa keyakinan di Ambon antara komunitas Muslim dan Kristen.
 
Identitas dipahami juga sebagai ungkapan nilai-nilai budaya yang dimiliki suatu komunitas, kelompok, atau bangsa yang bersifat khas dan membedakannya dengan kelompok atau bangsa yang lain. Kekhasan yang melekat pada sebuah bangsa ini dikenal secara umum dengan sebutan “identitas nasional.” Identitas yang melekat pada suatu bangsa tidaklah bersifat statis. Identitas adalah sesuatu yang dapat dibentuk oleh suatu individu maupun kelompok.
 
Secara teoretis, Hakikat identitas adalah sesuatu yang dinamis dan beragam ekspresi : individu maupun kelompok yang terlibat dalam prosesnya hanyalah bersi­fat parsial dan tidak lengkap. Identitas sangat sering dibentuk oleh praktik-praktik yang khas dan kejadian-kejadian yang saling terkait satu dengan lainnya. Dalam kenyataan sehari-hari identitas dapat berupa pengakuan subjektif yang dijelaskan oleh seseorang atau kelompok untuk dikenali oleh pihak luar atau pernyataan orang luar yang disematkan kepada kelompok tersebut. Penyematan pihak luar terhadap suatu kelompok seringkali tidak sesuai dengan kenyataannya. Penyematan bisa saja terbentuk atas reduksi hakikat seseorang atau kelompok yang sesungguhnya majemuk.
 
Reduksi sering kali melahirkan stereotip (atribut) yang dapat mengotakkan seseorang atau kelompok ke dalam suatu identitas yang bukan sebenarnya. Proses ini sering disebut sebagai istilah politisasi identitas untuk kepentingan sub­jektif seseorang, kelompok atau lembaga negara. Politisasi identitas ini tidak jarang melahirkan tindakan diskriminasi kelompok dominan terhadap kelompok minoritas. Supaya hal ini tidak terjadi gagasan mengenai pendidikan multikultural bagi Indo­nesia yang majemuk menjadi salah satu tawaran solusi yang diharapkan untuk menjadikan Indonesia rumah bagi semua komponen bangsa yang ada dengan be­ragam identitasnya.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai apa itu identitas, semoga tulisan informasi ahli mengenai apa itu identitas dapat bermanfaat.
Sumber : Tulisan Informasi Ahli :
– A. Ubaedillah, 2015. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pancasila, Demokrasi Dan Pencegahan Korupsi. Yang Menerbitkan Prenada Media Group : Jakarta.
Gambar Apa itu Identitas ?

Gambar Apa itu Identitas ?

 
Apakah Itu Identitas ? | ali samiun |