Loading...

Pengertian dan Fungsi Dasar Negara

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian dasar negara dan fungsi dasar negara.
 
 
Pengertian Dasar Negara adalah dasar dasar yang dijadikan sebagai landasan untuk kehidupan bernegara. Setiap negara harus mempunyai landasan di dalam melaksanakan kehidupan bernegaranya. Bagi suatu negara, dasar negara ini merupakan suatu dasar dalam mengatur penyelenggaraan negara.
 
Dasar negara bagi suatu negara merupakan sesuatu yang sangat penting. Negara tanpa dasar negara berarti bahwa negara tersebut tidak mempunyai pedoman di dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, sehingga mengakibatkan negara tersebut tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, sehingga dapat memudahkan untuk munculnya konflik. Dasar negara sebagai pedoman hidup bernegara ini mencakup cita cita negara, tujuan negara dan norma bernegara.
 
Benih benih kehidupan yang didasari oleh nilai nilai moral Pancasila dijadikan sebagai sumber pemikiran di dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Melalui sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang berlangsung antara tanggal 29 mei 1945 sampai dengan 1 juni 1945 merumuskan dasar negara Indonesia.
 
Pada sidang BPUPKI pada tanggal 29 mei 1945, Mohammad Yamin mendapat kesempatan pertama dalam menyampaikan pidatonya yang berisikan lima asas dasar negara Indonesia yang merdeka, yaitu : 1. Peri kebangsaan, 2. Peri kemanusiaan, 3. Peri ketuhanan, 4. Peri kerakyatan dan 5. Kesejahteraan rakyat.
 
Setelah berpidato, Mohammad Yamin menyampaikan usulnya mengenai rancangan UUD Republik Indonesia secara tertulis yang di dalamnya tercantum rumusan lima asas dasar negara Republik Indonesia, rumusan tersebut antara lain :
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kebangsaan Persatuan Indonesia
3. Rasa Kemanusiaan yang adil dan beradab
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan di dalam permusyawaratan perwakilan.
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
 
Fungsi Dasar Negara yaitu, antara lain :
1. Dasar negara berfungsi sebagai dasar berdiri dan tegaknya suatu negara. Dasar Negara ini sebagai landasan bagi pengelolaan suatu negara yang bersangkutan.
2. Dasar negara dijadikan sebagai sumber Hukum Nasional. Setiap aktivitas penyelenggaraan negara dan warga negara, harus dilandaskan pada hukum yang berlaku. Jadi, semua peraturan UU tidak bisa lepas dan harus berdasarkan pada dasar negara pada tiap tiap negara.
3. Dasar negara berfungsi sebagai dasar dalam Kegiatan Penyelenggaraan Negara. Agar para penyelenggara negara ini benar benar dapat diwujudkan tujuan nasionalnya, mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahannya pada dasar negara.
4. Dasar negara berfungsi sebagai dasar Pergaulan antara warga negara. Dasar negara tidak hanya dijadikan sebagai dasar perhubungan antara warga negara dan negara, akan tetapi juga dasar bagi hubungan antara warga negara di seluruh dunia.
5. Dasar negara berfungsi sebagai dasar dari partisipasi warga negara. Dalam menggunakan hak dan melaksanakan kewajibannya, seluruh warga negara harus berpedoman pada dasar negaranya.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian dasar negara dan fungsi dasar negara, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian dasar negara dan fungsi dasar negara dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Dadang Sundawa, Djaenuddin Harun, dkk, 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Yang Menerbitkan PT Gramedia : Jakarta.
Gambar Pengertian Dasar Negara dan Fungsi Dasar Negara

Gambar Pengertian Dasar Negara dan Fungsi Dasar Negara

 
Pengertian dan Fungsi Dasar Negara | ali samiun |