Pengertian Identitas Nasional dan Unsur Pembentuknya

Loading...
Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian identitas nasional dan unsur unsur pembentuk identitas nasional Indonesia.
 
 
Pengertian Identitas Nasional adalah suatu jati diri dari bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa yang lainnya. Identitas nasional Indonesia terbentuk oleh bermacam unsur, fisik dan non fisik. Salah satu identitas yang melekat pada bangsa Indonesia adalah sebutan sebagai sebuah bangsa yang majemuk. Kemajemukan dari bangsa Indonesia ini tercermin dalam Bhinneka Tunggal Ika yang terdapat pada simbol nasional Burung Garuda dengan lima simbol yang mewakili sila-sila dalam dasar negara Pancasila. Kemajemukan ini merupakan perpaduan dari berbagai unsur yang men­jadi inti identitas Indonesia : sejarah, agama, kebudayaan, suku bangsa dan bahasa.
 
1. Sejarah
Menurut catatan sejarah, sebelum menjadi sebuah negara bangsa (nation state), Nusantara pernah mengalami masa kejayaan yang sangat gemilang. Dua kerajaan besar yaitu Majapahit dan Sriwijaya dikenal sebagai pusat-pusat dari kekuasaan di Nusantara yang pengaruhnya menembus batas-batas teritorial, yang di mana kedua kerajaan ini berdiri. Kebesaran dua kerajaan tersebut turut menjadi rujukan semangat perjuangan manusia Nusantara pada abad-abad berikutnya ketika penjajahan asing menancapkan kekuatan imperialismenya. Semangat juang manusia Nusantara dalam mengusir penjajah dari tanah kelahirannya, telah menjadi ciri khas tersendiri bagi cikal bakal bangsa Indonesia yang kemudian menjadi salah satu unsur pembentuk identitas nasionalnya sebagai bangsa yang pantang menyerah dan pejuang kebebasan. Hal ini tercermin di dalam konstitusi Indonesia di mana Pembukaan UUD 1945 secara eksplisit menyatakan bahwa dukungan bangsa Indonesia bagi kemerdekaan setiap bangsa di dunia.
 
2. Kebudayaan
Kebudayaan yang menjadi unsur pembentuk identitas nasional meliputi tiga unsur, yaitu akal budi, pengetahuan dan peradaban. Akal budi bangsa Indonesia tampak dari keramahan dan kesantunan orang Indonesia yang telah dikenal du­nia. Adapun unsur identitas peradabannya tecermin dalam dasar negara Pancasila yang menunjukkan kekuatan atas nilai-nilai bersama yang majemuk. Sedangkan aspek pengetahuan dapat dilihat dari kekayaan peneapaian bangsa Indonesia se­bagai bangsa maritim, Kapal Pinisi dan sejumlah bangunan candi yang menawan merupakan unsur identitas pengetahuan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain yang ada di dunia. Keragaman budaya lokal Nusantara merupakan kekuatan dari eksistensi kebudayaan nasional. Pencapaian kebudayaan ini sekaligus sebagai bukti bahwa nenek moyang bangsa Indonesia merupakan manusia yang kreatif dan inovatif yang mampu mengadopsi pengetahuan, nilai dan budaya asing, kemudian mengembangkannya menjadi produk peradaban yang bernilai tambah dan menjadi produk peradaban yang bernilai tambah dan menjadi ciri khas yang membedakannya dengan produk kebudayaan bangsa lain di dunia.
 
3. Suku Bangsa
Kemajemukan merupakan pembentuk identitas lain bangsa Indonesia. Lebih dari sekedar kemajemukan yang bersifat alamiah, tradisi bangsa Indonesia untuk hidup bersama dalam kemajemukan merupakan suatu unsur utama pembentuk identitas yang perlu terus dikembangkan dan dilestarikan. Kemajemukan alamiah bangsa Indonesia yang tercermin dalam ribuan suku, budaya dan bahasan, serta kesatuan atas kemajemukan merupakan gambaran bahwa Indonesia adalah kesatuan atas keberagaman yang secara simbolik diungkapkan dalam sesanti Bhinneka Tunggal Ika yang dicengkeram kuat oleh kuku burung elang Garuda. Dengan demikian, tidak keliru jika terdapat ungkapan umum “bukanlah Indonesia jika tidak majemuk“.
 
4. Agama
Keragaman agama dan keyakinan merupakan identitas lain dari kemajemukan alamiah bangsa Indonesia. Begitu pentingnya keberadaan keragaman unsur agama dan keyakinan ini, para pendiri bangsa Indonesia menjadikannya unsur paling penting dalam konstitusi negara, sebagai upaya wajib negara untuk melindungi rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang harus tetap dipelihara dan disyukuri bangsa Indonesia. Para perumus dasar negara Pancasila telah bersepakat agar menempatkan dasar spiritualitas Nusantara ini dalam urutan pertama dari kelima sila Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa. Nilai yang terkandung dalam sila ini adalah kewajiban bangsa Indonesia untuk beragama secara berkebudayaan yaitu suatu sikap dan perilaku beragama yang menjunjung prinsip-prinsip toleransi. Bagian dari prinsip toleransi beragama tersebut dapat dilakukan dengan menjauhkan sikap dan tindakan memaksakan keyakinan seseorang atau kelompok atas individu atau kelompok lainnya.
 
5. Bahasa
Bahasa Indonesia adalah unsur lain pembentuk identitas nasional bangsa Indo­nesia. Keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dijamin oleh konsti­tusi negara, UUD 1945. Ribuan pulau, etnis dan keragaman budaya dan keyakinan dapat dipersatukan dengan adanya bahasa Indonesia, yang sebelumnya merupakan bahasa pengantar (lingua franca), bahasa transaksi perdagangan dan pergaulan, masyarakat yang mendiami kepulauan yang tersebar di seluruh Nusantara.
Kesadaran akan unsur pemersatu, bahasa Indonesia bagi masyarakat Nusantara yang majemuk dapat ditelusuri pada peristiwa lahirnya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda 1928 ini menegaskan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan Indonesia dalam perjuangan merebut dan mengisi kemerdekaan Indonesia. Momentum Sumpah Pemuda 1928 telah memberikan nilai tersendiri bagi pembentukan identitas nasional Indonesia, sebagai unsur pembentuk persatuan dan nasionalisme Indonesia yang masih relevan hingga hari ini.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian identitas nasional dan unsur unsur pembentuk identitas nasional, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian identitas nasional dan unsur unsur identitas nasional dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– A. Ubaedillah, 2015. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pancasila, Demokrasi Dan Pencegahan Korupsi. Yang Menerbitkan Prenada Media Group : Jakarta.
Gambar Pengertian Identitas Nasional dan Unsur Unsur Pembentuk Identitas Nasional
Gambar Pengertian Identitas Nasional dan Unsur Unsur Pembentuk Identitas Nasional