Loading...

Pengertian Ketahanan dan Kewaspadaan Nasional

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian ketahanan nasional dan kewaspadaan nasional.
 
 
Pengertian Ketahanan Nasional adalah sebuah konsep bangsa Indonesia tentang keselamatan nasional atau kelangsungan hidup bangsa, yang bergantung kepada keserasian dari aspek kehidupan seperti ideologi, ekonomi, politik, yang di mana masing-masing unsur ini saling terkait dan memengaruhi satu dengan yang lainnya. Kestabilan antara unsur-unsur ini akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan ketahanan nasional. Dengan kata lain, kekuatan Tannas tidak hanya ditentukan oleh kekuatan militer semata, akan tetapi juga sangat dipengaruhi oleh stabilitas unsur-unsur nonmiliter. Konflik sosial tanpa penyelesaian yang menyeluruh dan adil dan tingginya angka korupsi, misalnya, akan berpengaruh sebagai ancaman serius bagi kemampuan negara untuk bertahan.
 
Jika empat konsepsi kesatuan (politik, ekonomi, sosial-budaya, dan pertahanan keamanan) ini dijalankan secara konsisten, fleksibel, dan terpadu pada akhirnya akan melahirkan kualitas ketahanan nasional (Tannas) Indonesia yang diharapkan. Hal ini Tentu saja dalam implementasinya harus mempertimbangkan perkembangan masyarakat dan situasi ancaman dan peluang yang diakibatkan oleh arus globalisasi. Menjalankan konsep-konsep Wawasan Nusantara secara monolitik melalui pendekatan keamanan (security approach) yang terlalu dominan seperti yang pernah diberlakukan di masa lalu telah terbukti gagal melahirkan kemakmuran bagi se­luruh wilayah dan warga negara Indonesia. Pendekatan dan orientasi kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh komponen bangsa harus selalu dikedepankan oleh pemerintah (negara) di dalam mengemban amanat Pembukaan UUD 1945.
 
Ketahanan Nasional Indonesia dikelola berdasarkan delapan zona (gatra), yang dikenal dengan istilah Asta Gatra, yang terdiri dari tiga zona alamiah (Tri Gatra) dan lima zona (Panca Gatra) sosial. Tri Gatra alamiah dimaksud adalah meliputi geografi, kekayaan alam (SDA) dan kependudukan Indonesia; sedangkan Panca Gatra meliputi ideologi, eknonomi, politik, sosial-budaya dan pertahanan keamanan (IPOLEKSOSBUDHANKAM). Ketahanan nasional pada hakikatnya sangat tergantung pada kemampuan dan profesionalitas bangsa Indonesia (khususnya negara) di dalam mengelola, memanfaatkan dan mengatur komponen-komponen Tri Gatra dalam rangka menopang ketahanan (kualitas dan stabilitas) Panca Gatra, yakni ketahanan ideologi, ekonomi, politik, sosial-budaya, pertahanan keamanan.
 
Kehidupan berbangsa dan bernegara dalam banyak hal memiliki kesamaan dengan kehidupan setiap individu. Kondisi sehat jasmani dan rohani yang diidamkan oleh setiap orang seringkali mengalami hambatan dan ancaman yang merongrong kekebalan (imunitas) tubuh. Demikian juga sebuah bangsa, ia tidak pernah lepas dari tantangan dan ancaman terhadap imunitas ketahanannya, baik yang alamiah maupun sosial. Untuk tetap mempertahankan ketahanan nasional tetap kondusif dan dinamis, bangsa Indonesia harus selalu peduli akan munculnya gangguan maupun ancaman dari luar maupun dirinya sendiri yang berpotensi merusak sendi-sendi ketahanannya.
 
Di era demokrasi ini kewaspadaan nasional seharusnya diorientasikan bagi peningkatan peran serta masyarakat dalam proses pembangunan yang tecermin pada peningkatan budaya demokrasi secara bermartabat untuk mewujudkan ma­syarakat madani di Indonesia yang egaliter, toleran, tanpa diskriminasi dengan konsistensi negara menjalankan prinsip-prinsip demokrasi deliberasi dan HAM (Hak Asasi Manusia). Kebijakan mengenai kewaspadaan nasional di masa lalu yang lebih berorientasi mengontrol warga negara demi keamanan negara harus ditinggalkan dan digantikan dengan menjadikan warga negara Indonesia sebagai mitra sejajar dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas ketahanan nasional.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian ketahanan nasional dan kewaspadaan nasional, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian ketahanan nasional dan kewaspadaan nasional dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– A. Ubaedillah, 2015. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pancasila, Demokrasi Dan Pencegahan Korupsi. Yang Menerbitkan Prenada Media Group : Jakarta.
Gambar Pengertian Ketahanan Nasional dan Kewaspadaan Nasional

Gambar Pengertian Ketahanan Nasional dan Kewaspadaan Nasional

 
Pengertian Ketahanan dan Kewaspadaan Nasional | ali samiun |