Loading...

Pengertian Konstitusi, Fungsi dan Tujuannya

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian konstitusi, fungsi konstitusi dan tujuan konstitusi.
 
 
Konstitusi berasal dari bahasa Perancis yakni “constituer” yang berarti membentuk. Maksud dari istilah ini ialah pembentukan, penyusunan (pernyataan) akan suatu negara. Dalam bahasa latin, kata kostitusi ini merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “cume” yang berarti bersama dengan, dan “statuere” yang berarti membuat sesuatu agar berdiri atau mendirikan, menetapkan sesuatu.
 
Istilah konstitusi (constitution) di dalam bahasa Inggris memiliki makna yang lebih luas dari UUD, yaitu keseluruhan dari peraturan peraturan peraturan baik tertulis maupun tidak tertulis, yang mengatur secara mengikat mengenai cara cara bagaimana suatu pemerintahan diselenggarakan di dalam suatu masyarakat. Selanjutnya akan disampaikan mengenai pengertian konstitusi menurut para ahli di bawah ini.
 
Menurut Miriam Budiardjo, Pengertian Konstitusi adalah suatu piagam yang menyatakan cita cita dari bangsa dan ini merupakan dasar dari organisasi kenegaraan suatu bangsa. Adapun UUD (Undang Undang Dasar) ini merupakan bagian tertulis di dalam konstitusi.
 
Pengertian Konstitusi menurut K. C. Wheare adalah keseluruhan dari sistem ketatanegaraaan dari negara yang merupakan kumpulan dari peraturan dalam membentuk, mengatur atau memerintah pemerintahan suatu negara.
 
Herman Heller, mengatakan bahwa konstitusi memiliki arti yang luas daripada UUD. Konstitusi tidak hanya bersifat yuridis, akan tetapi juga politis dan sosiologis.
 
Menurut Lasalle, Pengertian konstitusi ialah hubungan antara kekuasaaan yang terdapat di dalam masyarakat, seperti golongan yang memiliki kedudukan nyata di dalam masyarakat. Contohnya partai politik, kepala negara angkatan perang dan sebagainya.
 
Dari pengertian konstitusi di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian konstitusi adalah kumpulan kaidah kaidah yang memberikan pembatasan kekuasaan kepada penguasa, dokumen mengenai pembagian tugas dan wewenang dari sistem politik yang diterapkan dan deskripsi yang menyangkut masalah HAM (Hak Asasi Manusia).
 

| Tujuan Konstitusi dan Fungsi Konstitusi |

Hakikat dari konstitusi Menurut Bagir Manan yaitu sebagai perwujudan dari paham mengenai konstitusi atau konstitusionalisme, yang berarti pembatasan terhadap kekuasaan pemerintah di satu pihak dan merupakan jaminan terhadap hak hak warga negara maupun setiap penduduk di pihak lain.
 
Sri Soemantri mengemukan bahwa terdapat tiga materi muatan pokok di dalam konstitusi, yaitu jaminan terhadap HAM (Hak Asasi Manusia), susunan ketatanegaraan yang bersifat mendasar dan pembatasan dan pembagian kekuasaan.
 
Dalam paham konstitusi demokratis menjelaskan bahwa isi konstitusi ini meliputi :
a. Kekuasaan Politik yang tunduk pada hukum yang berlaku.
b. Jaminan dan Perlindungan HAM (Hak Asasi Manusia).
c. Peradilan yang mandiri dan bebas.
d. Pertanggungjawaban kepada rakyat sebagai bagian utama dari asas kedaulatan rakyat.
 
Cakupan dari keempat isi konstitusi ini merupakan dasar yang utama bagi pemerintahan yang konstitusional. Namun, Indikator agat dapat dikatakan negara atau pemerintahan dapat disebut demokratis tidak bergantung pada konstitusinya. Meskipun konstitusinya sudah menetapkan aturan dan prinsip prinsipnya, jika konstitusi tidak diimplementasikan di dalam praktik penyelenggaraan tata pemerintahan, maka ia berlum belum bisa dapat dikatakan sebagai negara yang konstitusional (menganut paham konstitusi demokrasi).
 
Dari pembahasa diatas dapat disimpulkan bahwa Tujuan Konstitusi dan Fungsi konstitusi yaitu :
1. Untuk memberikan jaminan dan perlindungan terhadap HAM (Hak Asasi Manusia) bagi setiap manusia.
2. Untuk menjamikan bahwa peradilan yang dilaksanakan bersifat bebas dan mandiri.
3. Untuk menjaminkan bahwa kekuasaan politik tunduk pada hukum yang berlaku di negara tersebut.
4. Sebagai pertanggungjawaban pemerintah kepada rakyat yang merupakan bagian utama dari asas kedaulatan rakyat.
 
Secara garis besar, Tujuan konstitusi yaitu untuk membatasi dari tindakan sewenang wenang pemerintah, menjamin hak hak rakyat yang diperintah dan menetapkan pelaksanaan kekuasaan yang berdaulat.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai pengertian konstitusi, tujuan konstitusi dan fungsi konstitusi, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian konstitusi, tujuan konstitusi dan fungsi konstitusi dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– A. Ubaedillah, 2015. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pancasila, Demokrasi Dan Pencegahan Korupsi. Yang Menerbitkan Prenada Media Group : Jakarta.
Gambar Pengertian Konstitusi, Fungsi Konstitusi dan Tujuan Konstitusi

Gambar Pengertian Konstitusi, Fungsi Konstitusi dan Tujuan Konstitusi

 
Pengertian Konstitusi, Fungsi dan Tujuannya | ali samiun |