Loading...

Ruang Lingkup dan Macam Macam Psikologi

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai ruang lingkup psikologi.
 
 
Menurut Nigel C Benson dan Simon Grove, Ruang Lingkup Psikologi adalah bagian bagian yang dikaji oleh psikologi sebagai ilmu dalam mempelajari kejiwaan manusia. Ruang lingkup psikologi yaitu, sebagai berikut :
1. Psikologi Perkembangan; baca selengkapnya disini
2. Psikologi Sosial; baca selengkapnya disini
3. Psikologi Pendidikan; baca selengkapnya disini
4. Psikologi Kepribadian (Tipologi); baca selengkapnya disini
5. Psikopatologi; baca selengkapnya disini
6. Psikologi Kriminal; baca selengkapnya disini
7. Psikologi Perusahaan; baca selengkapnya disini
 
 
Macam macam Psikologi Menurut Mursidin ada 2, yaitu :
1. Psikologi Umum
Pengertian Psikologi umum adalah kajian psikologis dalam menguraikan berbagai tingkah laku manusia normal yang bersifat umum. Tingkah laku normal dan umum ini ada pada setiap manusia, sebagaimana terjadinya perkembangan pada manusia sejak bayi sampai masa tua. Semuanya dipelajari dan diteliti indikasi indikasi keumumannya, sehingga dapat dirumuskan menjadi sebuah teori psikologi.
 
2. Psikologi Khusus
Pengertian Psikologi khusus adalah kajian psikologis yang dikhususkan meneliti dan mengamati aspek aspek segmentasi dari kehidupan manusia normal, seperti masa anak anak, masa remaja dan sebagainya. Demikian juga dengan kajian terhadap sisi emosional gender yang dilakukan dengan pendekatan perbandingan antara perempuan dewasa dengan perempuan yang sudah hilang masa haidnya.
 
Kedua macam psikologi tersebut merupakan bagian dari psikologi teoretis, yang mempelajari berbagai teori psikologi. Selain psikologi teoretis, ada juga psikologi terapan (applied psychology).
 
Dari segi objek pengkajiannya, Psikologi mempelajari hal hal sebagai berikut :
1. Manusia sebagai pusat dari objek kajian psikologi;
2. Kejiwaan binatang, dari insting dan tabiat yang mengikuti kebiasaan kebiasaan alaminya.
 
Dalam kajian psikologi umum, semua aktivitas, latar belakang kehidupan, gejala-gejala yang muncul dari tingkah laku manusia dipelajari. Kajian kajian itu menyoroti masalah masalah yang berkaitan dengan perkembangan manusia, kepribadian, persepsi tentang diri dan orang lain, motivasi, rangsangan kognitif dan stimulus lingkungan, perjalanan usia manusia sejak bayi hingga masa uzur dan sebagainya.
 
Objek objek yang dikaji dalam psikologi umum cukup kompleks, terutama jika dilihat dari semua sisi tingkah laku manusia, contohnya melihat manusia sebagai makhluk individual, makhluk sosial, makhluk yang berpikir, makhluk yang memiliki perasaan, makhluk yang bertuhan dan sebagainya.
 
Pada umumnya, kajian psikologi umum menguasai lapangan materiil yang sama dengan disiplin ilmu lainnya, yaitu :
1. Psikologi sosial;
2. Psikologi perusahaan;
3. Psikologi pendidikan;
4. Psikologi klinis; dan
5. Psikologi agama.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai ruang lingkup psikologi dan macam macam psikologi, semoga tulisan informasi ahli mengenai ruang lingkup psikologi dan macam macam psikologi dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Mursidin, 2010. Psikologi Umum. Yang Menerbitka Pustaka Setia : Bandung.
Gambar Ruang Lingkup Psikologi dan Macam Macam Psikologi

Gambar Ruang Lingkup Psikologi dan Macam Macam Psikologi

 
Ruang Lingkup dan Macam Macam Psikologi | ali samiun |