Unsur, Fungsi Dan Pentingnya Ideologi

Loading...
Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai Unsur Unsur Ideologi, Fungsi Ideologi dan pentingnya ideologi bagi suatu negara.
 
 
Ideologi adalah cerminan dari cara berpikir masyarakat, bangsa, maupun Negara dan juga mengantarkan masyarakat mencapai cita-citanya. Unsur unsur ideologi sebagai berikut :
a. Seperangkat gagasan yang disusun secara sistematis
b. Pedoman mengenai cara hidup
c. Tatanan yang hendak dituju oleh suatu kelompok
d. Dipegang teguh oleh kelompok yang meyakinkannya
 
Jika kita melihat sejarah kemerdekaan negara negara di dunia, baik yang ada di Asia, Afrika maupun Amerika Latin yang pada umumnya cukup lama berada di dalam cengkeraman penjajahan negara lain, ideologi dimaknai sebagai keseluruhan pandangan, nilai, cita cita dan keyakinan yang ingin mereka wujudkan di dalam kenyataan hidup yang nyata. Ideologi di dalam artian ini sangat diperlukan, karena dianggap mampu untuk membangkitkan kesadaran akan kemerdekaan, memberikan arahan mengenai dunia beserta isinya, serta menanamkan semangat di dalam perjuangan masyarakat untuk bergerak melawan penjajahan, yang selanjutnya mewujudkannya di dalam kehidupan penyelenggaraan negara.
 
Pentingnya ideologi bagi suatu negara juga terlihat dari fungsi ideologi itu sendiri. Adapun fungsi ideologi yaitu untuk membentuk identitas atau ciri kelompok atau bangsa. Ideologi memiliki kecenderungan yang memisahkan kita dari mereka. Ideologi berfungsi mempersatukan sesama kita. Apabila dibandingkan dengan agama, agama berfungsi untuk mempersatukan orang dari berbagai pandangan hidup bahkan dari berbagai ideologi. Sebaliknya ideologi mempersatukan antara orang orang dari berbagai agama. Oleh karena itu, fungsi ideologi untuk mengatasi berbagai pertentangan atau ketegangan sosial. Dalam hal ini, ideologi berfungsi sebagai pembentuk solidaritas (rasa kebersamaan) yang mengangkat berbagai perbedaan ke dalam tata nilai yang lebih tinggi. Fungsi pemersatu itu dilakukan dengan menyatukan keseragaman atau keanekaragaman, contohnya dengan memakai semboyan “kesatuan di dalam perbedaan” dan “perbedaan di dalam kesatuan”.
 
Fungsi yang terdapat pada ideologi antara lain sebagai berikut :
a. Sebagai struktur kognitif, yaitu keseluruhan dari pengetahuan yang merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian kejadian di alam sekitar.
b. Orientasi dasar yang membuka wawasan dengan memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia.
c. Norma norma yang dijadikan pedoman dan pegangan bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak.
d. Bekal dan jalan bagi seseorang dalam menemukan identitasnya.
e. Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuannya.
f. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta membuat tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma norma yang terkandung di dalamnya.
 
Ideologi merupakan hasil refleksi manusia, berkat kemampuan mengadakan dinstansi terhadap dunia kehidupannya. Oleh karena itu, dengan adanya Negara, masyarakat secara bersama-sama dapat mewujudkan cita-cita yang mendasar itu. Di satu pihak, ideologi menjadi realistis dan dipihak lain mampu untuk mewujudkan suatu masyarakat yang ideal. Menurut Poespowardoyo, ideologi mencerminkan cara berpikir masyarakat, bangsa, maupun Negara, namun membentuk masyarakat menuju cita-citanya. Dengan demikian, ideologi sangat menentukan eksistensi suatu bangsa dari Negara. Ideologi membimbing bangsa dan Negara untuk mencapai tujuannya selalu berbagi realisasi pembangunan. Hal ini disebabkan di dalam ideologi terkandung suatu orientasi praksis. Selain itu ideologi sebagai sumber semangat dari berbagai kehidupan bernegara.
 
Ideologi Negara dalam suatu sistem kenegaraan pada hakikatnya sebagai asas kerohanian yang memiliki ciri ciri sebagai berikut :
a. Mempunyai derajat tertinggi sebagai nilai hidup berkebangsaan dan berkenegaraan
b. Mewujudkan asas kerohanian, pandangan dunia, pandangan hidup, pedoman hidup, pegangan hidup yang dipelihara, diamalkan, dikembangkan, dilestarikan kepada generasi berikutnya, diperjuangkan, dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai Unsur Unsur Ideologi, Fungsi Ideologi dan pentingnya ideologi bagi suatu negara, semoga tulisan informasi ahli mengenai Unsur Unsur Ideologi, Fungsi Ideologi dan pentingnya ideologi bagi suatu negara dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Dadang Sundawa, Djaenuddin Harun, dkk, 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Yang Menerbitkan PT Gramedia : Jakarta.
Gambar Unsur Unsur Ideologi, Fungsi Ideologi dan Pentingnya Ideologi Bagi Suatu Negara
Gambar Unsur Unsur Ideologi, Fungsi Ideologi dan Pentingnya Ideologi Bagi Suatu Negara