Agen Poker

Pengertian Riba, Macam-macam Riba dan Hikmah Dilarangnya Riba

loading...
Hai pembaca, kali ini informasi ahli akan membahas Pengertian Riba, Macam-macam Riba dan Hikmah Dilarangnya Riba.
 
Pengertian Riba, dalam arti bahasa berasal dari kata ‘raba’ yang sinonimnya nama wa zada, artinya tumbuh dan tambah. Riba artinya kelebihan yang terjadi dalam tukar menukar barang yang sejenis atau jual beli barter tanpa disertai dengan imbalan, dan kelebihan tersebut disyaratkan dalam perjanjian. Dasar hukum larangan riba terdapat dalam Q.S. Al baqarah (2) ayat 275, Q.S Ali- imran (3) ayat 130, dan Q.S al baqarah (2) ayat 278.
 
Macam-macam Riba, menurut jumhur ulama riba terbagi kepada dua bagian :
1. Riba fadhal
2. Riba Nasi’ah
 
 
Akan tetapi, syafi’iyah membagi riba dalam tiga bagian :
1. Riba fadhal, adalah tambahan yang disyaratkan dalam tukar menukar barang yang sejenis (jual beli barter) tanpa adanya imbalan untuk tambahan tersebut.
2. Riba Al-yad, adalah riba jual beli atau penukaran terjadi tanpa kelebihan, tetapi salah satu pihak meninggalkan majelis akad sebelum terjadi penyerahan barang atau harga.
3. Riba Nasi’iah, adalah tambahan yang disebutkan dalam perjanjian penukaran barang (jual beli barter atau muqayadhah) sebagai imbalan atas ditundanya pembayaran. Riba Nai’ah ini hukumnya jelas dalam Al-qur’an dan hadis-hadis. Menurut Ibnu abbas, Usamah bin zaid, zubair, ibnu jubair dan lainnya, riba yang diharamkan itu hanya riba nasi’ah. Riba Nasi’ah ini dikenal dengan istilah riba jahiliyah karena berasal dari kebiasaan orang-orang arab jahiliyah. kebiasaan tersebut adalah apabila mereka memberikan utang kepada orang lain, lalu ketika utang itu telah jatuh tempo, mereka berkata “apakah akan dilunasi atau diperpanjang?” apabila masa utang diperpanjang maka modal dan tambahannya diribakan lagi, sehingga lama kelamaan utang tersebut akan beranak dan bercicit sampai akhirnya orang yang berutang tidak mampu melunasinya dan habislah seluruh hartanya, hal ini tentu saja sangat merugikan masyarakat, oleh karena itu Allah melarngnya dengan keras dalam beberapa ayat yang telah penulis kemukakan di muka. Pada masa sekarang Riba nasi’ah ini banyak dilakukan di lembaga-lembaga keungan atau perbankan, yaitu dengan model pinjaman uang yang pengembaliannya diangsur dengan bunga bulanan atau seperti 7%, 5%, atau 1% perbulan. Praktik model ini jelas menunjukkan riba dan bentuknya adalah riba nasi’ah yang hukumnya dan dosanya sama dengan riba nasi’ah dan yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu mengambil keuntungan atau kelebihan atas pinjaman uang yang pengembaliannya ditunda.
 
 
Hikmah dilarangnya Riba, yaitu sebagai berikut :
a. Riba menyebabkan permusuhan antara individu yang satu dengan individu yang lainnya dan menghilangkan jiwa tolong-menolong diantar mereka. padahal semua agama terutama Islam sangat mendorong sikap tolong-menolong (taawun) dan mementingkan orang lain, serta melawan sifat ego (mementingkan diri sendiri) dan mengeksploitasi orang lain.
b. Riba mendorong terbentuknya kelas elite, yang tanpa kerja keras mereke mendapat harta, seperti benalu yang setiap saat mengisap orang lain. padahal islam sangat mengagungkan kerja dan menghormati orang-orang yang bekerja, serta menjadikan kerja sebagai salah satu bentuk usaha yang utama.
c. Riba merupakan wasilah atau perantara terjadinya penjajahan dibidang ekonomi, di mana orang-orang kaya mengisap dan menindas orang-orang miskin.
d. Dalam hal ini Islam mendorong umatnya agar mau meberikan pinjaman kepada orang lain yang membutuhkan dengan model “qardhul hasan” atau pinjaman tanpa bunga.
 
Sekian dari informasi ahli mengenai Pengertian Riba, Macam-macam Riba dan Hikmah Dilarangnya Riba, semoga tulisan saya terkait dengan Pengertian Riba, Macam-macam Riba dan Hikmah Dilarangnya Riba dapat bermanfaat.

Sumber : buku Fiqh Muamalat
– Muslich Wardi Ahmad, 2015. Fiqh Muamalat. Penerbit Amzah : Jakarta.

Pengertian Riba, Macam-macam Riba dan Hikmah Dilarangnya Riba

Gambar Pengertian Riba, Macam-macam Riba dan Hikmah Dilarangnya Riba

 

togel online
Pengertian Riba, Macam-macam Riba dan Hikmah Dilarangnya Riba | ali samiun | 4.5