Agen Poker

Runtuhnya Kerajaan Bercorak Hindu-Budha Di Indonesia

loading...
Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai runtuhnya kerajaan bercorak hindu-budha di Indonesia.
 
Setelah berkuasa cukup lama di Indonesia kerajaan yang bercorak Hindu-Budha lama kelamaan mengalami keruntuhan. Kemunduran ini diakibatkan oleh lemahnya pemimpin-peminpin kerajaan Hindu-Budha. Kerajaan yang sudah jaya dan berkembang terhalang oleh nafsu pribadi untuk merebut kekuasaan. Dengan dmeikian, dalam kerajaan Hindu-Budha di Indonesia selalu terjadi peperangan antarsaudara yang menyebabkan keruntuhan kerajaan Hindu-Budha.
 
Datangnya pedagang-pedagang arab ke Indonesia melalui pesisir pantai membawa pengaruh yang sangat kuat di masyarakat Hindu-Budha. Para penyebar agama Islam mendapat simpati yang baik dari penduduk sehingga dapat menghimpun kekuatan untuk melakukan invansi terhadap kerajaan-kerajaan Hindu-Budha. Invansi yang dilakukan yaitu memengaruhi keyakinan masyarakat Hindu-Budha untuk masuk Islam. Kegiatan ini cukup berhasil dan memudarkan keyakinan yang dianut oleh kerajaan Hindu-Budha. Memudarnya kepercayaan masyarakat hindu-budha menyebabkan runtuhnya kerajaan karena kehilangan pengikut-pengikutnya.
 
Runtuhnya agama hindu-budha juga terjadi karena serangan bangsa lain seperti Cina dan India. Serangan yang dilakukan secara bertubi-tubi dan juga terdesak oleh adanya pemberontakan-pemberontakan dari dalam mempercepat runtuhnya kerajaan. Hal ini dijelaskan dalam prasati-prasasti yang ditemukan. Serangan yang paling jelas yaitu dari tentara Tar-tar dari cina yang menghancurkan kerajaan hindu-budha di jawa timur. Perang antara kerajaan-kerajaan hindu-bundha juga menyebabkan runtuhnya kerajaan. Perang ini ditujukan sebagai perluasan daerah kekuasaan salah satu kerajaan untuk menjamin ekonomi masyarakat hindu-budha.
 
Dengan adanya peperangan ini kerajaan hindu-budha saling menjatuhkan sehingga memusnahkan kerajaan itu sendiri. Perang ini terjadi secara terus-menerus sehingga pada puncaknya muncul satu kerajaan hindu-budha yaitu majapahit. Tetapi jalannya kerajaan majapahit pun tidak berjalan sempurna sehingga setelah datangnya pengaruh budaya Islam kerajaan majapahit dijatuhkan oleh kerajaan Islam. Dengan demikian faktor yang mendominasi runtuhnya kerajaan hindu-budha adalah peperangan internal kerajaan dan juga pemberontakan. Kerajaan hindu-budha yang kokoh berdiri sampai bertahun-tahun jatuh karena keserakahan para pengikut kerajaan. Serangan-serangan dari kerajaan Negara lain tidak begitu signifikan sebagai pendorong runtuhnya kerajaan hindu-budha, tetapi secara keseluruhan runtuhnya agama hindu-budha di Indonesia diakibatkan munculnya kerajaan-kerajaan yang bercorak kebudayaan Islam.
 
Sekian tulisan dari informasi ahli mengenai runtuhnya kerajaan bercorak hindu-budha di Indonesia, semoga tulisan informasi ahli mengenai runtuhnya kerajaan bercorak hindu-budha di Indonesia dapat bermanfaat.

Sumber Tulisan Informasi Ahli :

– Nana Supriatna, 2008. Sejarah. Yang Menerbitkan Grafindo Media Pratama : Bandung.

gambar-tulisan-runtuhnya-kerajaan-hindu-budha-di-indonesia

gambar-tulisan-runtuhnya-kerajaan-hindu-budha-di-indonesia

togel online
Runtuhnya Kerajaan Bercorak Hindu-Budha Di Indonesia | ali samiun | 4.5