Agen Poker

Sejarah Kerajaan Tarumanegara

loading...
Hai pembaca kali ini informasi ahli, akan membahas suatu sejarah yaitu mengenai Sejarah Kerajaan Tarumanegara.
 
 
Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu kedua setelah Kutai yang terdapat di Jawa Barat, tepatnya di lembah Sungai Citarum. Keberadaan kerajaan tarumanegara dibuktikan dengan ditemukannya beberapa prasasti yaitu :
 
1. Prasasti Ciantureun Terdapat dua gambar telapak kaki dengan tulisan huruf pallawa dan bahasa Sanskerta : inilah dua kaki yang seperti kaki dewa wisnu, yaitu kaki yang mulia Sang Pumawarman di negeri Taruma, raja yang berani juga gagah di dunia.
 
2. Prasasti Kebon Kopi Terdapat gambar dua kaki gajah. Isinya “inilah dua telapak kaki gajah yang seperti Airawata, gajah penguasa negeri Taruma yang gagah perkasa”. Tapak kaki dipuja merupakan ajaran Hindu Vaisnawa : Raja dianggap keturunan dewa.
 
3. Prasasti Jambu Terdapat gambar sepasang kaki dengan tulisan “gagah mengagumkan dan jujur terhadap tugas adalah pemimpin manusia yang tiada taranya yang termasyur Sri Pumawarman yang memerintah d Taruma dan baju zirahnya yang terkenal tidak dapat ditenbys snjata musuh. Inilah sepasang kakinya, hormat kepada para pangeran, tetapi merupakan duri dalam bagi para musuhnya.
 
4. Prasasti Tugu Terdapat di dekat Tanjung Priok, Jakarta Utara. Isinya : dahulu sebuah sungai yng bernama Candrabhaga, yang digali oleh seorang guru Rajadiraja mengalir kelaut setelah melalui puri. Dari tahun ke-22 masa pemerintahan Pumawarman telah digali Sungai Gomati yang oanjangnya 6122 tombak (12km). penggalian selesai 21 hari dimulai tanggal 6 paro petang bulan Phalguna dan selesai tanggal 13 paro terang bulan Caitra. Lalu diadakan selamatan dan oleh pumawarman dihadiahkan kepada Brahman 1.000 ekor sapi.
 
5. Prasasti Lebak Terdapat di Lebak, Banten. Isinya : inilah tanda keperwiraan, keagungan, dan keberanian yang sesungguh-sungguhnya dari raja dunia, yang mulia Pumawarman yang menjadi panji sekalian raja.
 
6. Prasasti Pasir Awi, Prasasti ini belum dapat dibaca karena menggunakan bahasa ikal.
 
7. Prasasti Muara Cianten, Prasasti ini belum dapat dibaca karena menggunakan bahasa ikal.
 
 
Berdasarkan Prasasti Tugu, dapat diartikan bahwa pusat pemerintahan Kerajaan Tarumanegara terletak didaerah antara Bogor dan Bekasi dengan wilayah kekuasaan meliputi Banten, Jakarta dan Cirebon. Kerajaan tarumanegara mencapai puncak kejaannyan pada masa Pemerintahan Purnawarman, dibuktikan dengan mampu membangun saluran irigasi yang dapat mendukung sector pertanian, sehingga masyarakatnya dapat hidup sejahtera. Kerajaan traumanegara menjadi pusat dagang Nusantara dan pelabuhan dagang internasional yang memperdagangkan barang dagangan berupa emas, perak, alat-alat pertanian, dan gading gajah.
 
Salah satu berita ini menyebutkan adanya kerajaan Tolomo yang menyebutkan bahwa beberapa kali mengirim seorang utusan ke Cina dengan membawa barang dagangannya berupa gading gajah, cula badak, penyu emas dan perak. Dari beberapa sumber tersebut dapat diambil kesimpulan tentang kehidupan masyarakat Tarumanegara, yaitu sebagai berikut :
 
a. Mata pencaharian masyarakat meliputi peternakan (hadiah 1.000 ekor sapi), berburu (gading gajah dan cula), pertanian (penggalian Sungai Gomati), dan perdagangan (berita Cina : emas dan perak).
 
b. Masyarakat kerajaan Tarumanegra mempercayai tiga ajaran agama. Agama ini berkembang secara bersamaan tanpa terjadi perselisihan. Agama yang dianut oleh agama asli (animism-dinamisme), agama Hindu, dan agama Budha. Agama yang mayoritas dipeluk adalah agam Hindu, yang paling domonan adalah pemeluk dari kerajaan. Sedangkan agama Budha dan asli dipeluk oleh masyarakat jelata. Dari penjelasan ini maka masyarakat Tarumanegara dikenal terbuka dan cepat beradaptasi dengan kebudayaan asing terutama pada pengaruh Hindu-Budha dari India.
 
 
Sekian dari informasi ahli mengenai Sejarah Kerajaan Tarumanegara, semoga tulisan tersebut terkait dengan Sejarah Kerajaan Tarumangera dapar bermanfaat bagi pembaca.

Sumber buku : dalam Tulisan Sejarah Kerajaan Tarumanegara :

M. Junaedi Al Anshori, 2010. Sejarah Nasional Indonesia : Masa Prasejarah Sampai Masa Proklamasi. Penerbit PT Mitra Aksara Panaitan : Jakarta.
 
Gambar Artikel Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Gambar Artikel Sejarah Kerajaan Tarumanegara

togel online
Sejarah Kerajaan Tarumanegara | ali samiun | 4.5