Loading...

Pengertian Najis, Macam Macam Najis dan Cara Menyucikan Najis

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai pengertian najis, macam macam najis dan cara menyucikan najis.
 
 
Pengertian Najis adalah suatu kotoran yang dapat menghalangi sahnya ibadah yang menuntut kesucian lahir, seperti shalat dan tawaf pada ibadah haji. Oleh karena itu, setiap muslim wajib untuk menghilangkan dan menyucikan dirinya dari yang namanya najis, baik itu yang menempel di badan maupun pada pakaian yang dikenakannya.
 
 
| Macam Macam Najis |
 
Para ahli fiqih membagi najis ke dalam 3 (tiga) bagian, Adapun Macam Macam Najis sebagai berikut.
 
1. Najis Mukhaffafah (Najis Ringan)
 
Salah satu dari macam macam najis yaitu najis mukhaffafah atau najis yang ringan. Najis yang termasuk di dalam jenis ini contohnya kencing bayi laki-laki yang belum makan apapun selain air susu ibu (ASI). Cara menyucikan dari najis ini yaitu pada benda yang terkena najis dapat disucikan dengan memercikkan air di atas bagian yang terkena najis tersebut.
 
 
2. Najis Mutawashitah (Najis Sedang)
 
Salah satu dari macam macam najis yaitu najis mutawashitah atau najis yang sedang. Najis yang termasuk di dalam jenis ini yaitu segala sesuatu yang keluar dari qubul dan dubur manusia, contohnya : air kencing (termasuk air kencing bayi perempuan), kotoran, darah haid, nifas dan lain-lain (kecuali mani). Cara menyucikan najis ini yaitu dengan menyuci bagian yang terkena najis, sehingga hilang bau dan aromanya. Najis mutawashitah dibagi lagi menjadi dua berdasarkan wujudnya sebagai berikut :
 
a. Najis ‘ainiyah
Pengertian Najis ‘ainiyah adalah najis yang berwujud, tampak dan terlihat jelas, Contohnya : kotoran manusia atau binatang yang tidak dimakan dagingnya. Cara menyucikan najis ini yaitu dengan menghilangkan najis terlebih dahulu, kemudian menyucikan dengan air. Untuk menyucikannya lebih baik jika menggunakan sabun.
 
b. Najis hukmiyah
Pengertian Najis hukmiyah ialah najis yang tidak tampak oleh mata, akan tetapi dapat tercium baunya, contohnya : bekas air kencing, dan lain-lain. Cara menyucikan najis ini yaitu dengan cara dicuci atau dibasuh hingga hilang baunya.
 
 
3. Najis Mughallazhah (najis berat)
 
Salah satu dari macam macam najis yaitu najis mughallazhah atau najis berat. Cara menyucikan najis ini yaitu pada benda yang terkena najis ini dicuci sebanyak 7 (tujuh) kali, dan pada basuhan pertama dengan tanah.
 
 
4. Najis Marfu’ (Najis yang Dimaafkan)
 
Salah satu dari macam macam najis yaitu najis marfu’ atau najis yang dimaafkan. Najis yang termasuk jenis ini sebagai berikut.
a. Bangkai binatang yang darahnya tidak mengalir, contohnya : nyamuk, kutu dan sebagainya.
b. Darah atau nanah yang keluar dari tubuhnya sendiri dan jumlahnya sedikit.
c. Bulu yang najis tetapi jumlahnya sedikit.
d. Najis yang tidak terlihat oleh mata.
e. Paruh burung atau mulut tikus yang bersentuhan air.
f. Debu yang bercampur dengan najis.
g. Ujung mukena yang terkena cairan atau sesuatu yang tidak jelas terkena najis atau tidak.
 
Sekian tulisan informasi ahli mengenai pengertian najis, macam macam najis dan cara menyucikan najis, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian najis, macam macam najis dan cara menyucikan najis dapat bermanfaat.
 

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Ummi Ayanih, 2010. Dahsyatnya Shalat dan Doa Ibu. Yang Menerbitkan Raih Asa Sukses : Jakarta.
Gambar Pengertian Najis, Macam Macam Najis dan Cara Menyucikan Najis

Gambar Pengertian Najis, Macam Macam Najis dan Cara Menyucikan Najis

 
Pengertian Najis, Macam Macam Najis dan Cara Menyucikan Najis | ali samiun |