Pengertian Puasa Sunnah, Macam Macam Puasa Sunnah dan Dasar Hukum Puasa Sunnah

Loading...
Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai Pengertian Puasa Sunnah, Macam Macam Puasa Sunnah dan Dasar Hukum Puasa Sunnah.
 
 
Pengertian Puasa Sunnah adalah puasa yang dalam pelaksanaannya tidak diwajibkan, akan tetapi sangat dianjurkan dan waktu pelaksanaannya juga pada waktu-waktu yang tertentu. Namun ada juga puasa sunnah yang dapat dilakukan pada waktu kapan saja.
 
Prinsip Puasa Sunnah, yaitu tidak boleh berpuasa secara berturut-turut tanpa berbuka sama sekali. Selain itu, pahala puasa juga hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Allah berfirman, ‘setiap amal anak Adam itu untuknya sendiri selain puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku’. (dalam satu riwayat, ‘Tiap-tiap amalan memiliki kafarat. Puasa itu adalah untuk-Ku, dan Aku yang membalasnya’)(HR. Bukhari dan Muslim).
 
 
| Macam Macam Puasa Sunnah |
 
Terdapat beberapa Macam Macam Puasa Sunnah, yaitu :
 
1. Puasa Enam Hari Pada Bulan Syawal
 
Salah satu dari macam macam puasa sunnah yaitu puasa enam hari pada bulan syawal. Puasa ini dikenal juga dengan sebutan puasa syawal, yang dilakukan secara berurutan maupun secara acak selama masih di dalam bulan syawal. Keutamaan puasa syawal yang dikerjakan ini yaitu : “Keutamaan puasa ramadhan yang diiringi puasa syawal adalah seperti orang yang berpuasa selama setahun(HR. Muslim).
 
 
2. Puasa Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
 
Salah satu dari macam macam puasa sunnah ialah puasa sepuluh hari pada bulan Djulhijjah.Puasa ini dikenal dengan nama Puasa Dzulhijjah, yaitu puasa pada sembilan hari yang pertama bulan djulhijjah, tidak termasuk pada hari yang ke 10. Kenapa pada hari ke 10 dilarang berpuasa, karena hari ke 10 bulan Djulhijjah merupakan hari Raya Kurban dan diharamkan untuk berpuasa.
 
 
3. Puasa Hari Arafah
 
Salah satu dari macam macam puasa sunnah adalah puasa hari arafah. Puasa ini dikenal dengan sebutan Puasa Arafah, yaitu puasa yang dilakukan pada hari ke 9 bulan Dzulhijjah. Keutamaan Puasa Arafah yaitu : “keutamaan Puasa Arafah akan dihapuskan dosa-dosa pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang(HR. Muslim). Yang dimaksud dengan dosa-dosa di sini yaitu khusus untuk dosa-dosa kecil, karena dosa besar hanya bisa dihapus dengan jalan bertobat.
 
 
4. Puasa Muharram
 
Salah satu dari macam macam puasa sunnah yaitu puasa muharram. Puasa Muharram adalah puasa yang dilaksanakan pada bulan muharram terutama pada hari Asyura. Keutamaan Puasa Muharram : “Keutamaan Puasa pada bulan Muharram adalah puasa yang paling utama setelah bulan Ramadhan(HR. Bukhari).
 
 
5. Puasa Asyura
 
Salah satu dari macam macam puasa sunnah ialah puasa Asyura. Puasa Asyura adalah puasa yang dilakukan pada hari ke 10 dari bulan Muharram. Rasulullah SAW memerintahkan ummatnya untuk berpuasa pada hari Asyura ini dan mengiringinya dengan puasa 1 hari sebelum atau sesudahnya. Hal ini bertujuan untuk menyelisihi umat Yahudi dan Nasrani yang hanya berpuasa pada hari ke 10. Keutamaan Puasa Asyura : “Keutamaan puasa asyura ialah akan dihapus dosa-dosa (kecil) pada tahun sebelumnya(HR. Muslim).
 
 
6. Puasa Sya’ban
 
Salah satu dari macam macam puasa sunnah adalah puasa sya’ban. Puasa Sya’ban ialah puasa yang dilakukan pada bulan Sya’ban. Keutamaan Puasa Sya’ban : “Keutamaan Bulan Sya’ban adalah bulan ketika semua amal diangkat kepada Rabb semesta Alam(HR. An-Nasa’i dan Abu Daud).
 
 
7. Puasa Pada Bulan Haram (bulan yang dihormati)
 
Salah satu dari macam macam puasa sunnah yaitu puasa pada bulan haram (bulan yang dihormati). Puasa ini dilakukan pada bulan Djulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Puasa ini dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada bulan-bulan tersebut termasuk ibadah puasa.
 
 
8. Puasa Senin Kamis
 
Salah satu dari macam macam puasa sunnah ialah puasa senin kamis. Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari senin dan hari kamis. Tidak ada kewajiban yang mengiri puasa senin kamis ini, keduanya merupakan hari amal-amal hamba diangkat dan diperlihatkan kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, afdhalnya puasa senin kamis ini yaitu berpuasa pada hari senin dan diikuti dengan puasa pada hari kamis.
 
 
9. Puasa Tiga Hari Setiap Bulan
 
Salah satu dari macam macam puasa sunnah adalah puasa tiga hari setiap bulan. Puasa ini disunnahkan untuk melakukannya pada hari-hari putih (Ayyaamul Bidh) yaitu pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan hijriah. Tidaklah benar anggapan sebagian orang yang mengganggap bahwa puasa pada hari putih merupakan puasa dengan hanya memakan nasi putih, telur putih dan air putih.
 
 
10. Puasa Daud
 
Salah satu dari macam macam puasa sunnah yaitu puasa daud. Puasa Daud atau puasa nabi daud ini adalah puasa yang dilakukan sehari dan kesokan harinya tidak berpuasa, begitu seterusnya. Keutamaan Puasa Nabi Daud : “Puasa Nabi Daud adalah puasa yang paling disukai oleh Allah SWT(HR. Bukhari dan Muslim).
 
Sekian tulisan informasi ahli mengenai pengertian puasa sunnah, macam macam puasa sunnah dan dasar hukum puasa sunnah, semoga tulisan informasi ahli mengenai pengertian puasa sunnah, macam macam puasa sunnah dan dasar hukum puasa sunnah dapat bermanfaat.
 

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Asrar Mabrur Faza, 2010. Mengapa Harus Puasa Senin Kamis ?. Yang Menerbitkan QultumMedia : Jakarta.
Gambar Pengertian Puasa Sunnah, Macam Macam Puasa Sunnah dan Dasar Hukum Puasa Sunnah
Gambar Pengertian Puasa Sunnah, Macam Macam Puasa Sunnah dan Dasar Hukum Puasa Sunnah