Loading...

Syarat Wajib Puasa, Hikmah dan Manfaat Puasa

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai syarat puasa, hikmah puasa, manfaat puasa dan yang menghilangkan pahala puasa.
 
 
Syarat Syarat Puasa wajib ini meliputi 4 (empat) hal, yaitu :
1. Islam, puasa tidak diwajibkan bagi orang-orang kafir.
2. Berakal, puasa itu tidak wajib bagi orang gila.
3. Baliq, puasa itu tidak wajib bagi anak kecil.
4. Mampu, puasa itu tidak wajib bagi orang sakit, orang tua, musafir dan lain sebagainya.
 
 
Syarat Syarat Puasa ini dijelaskan di dalam Hadits dari Ali bin Abi Thalib bahwa Rasulullah SAW bersabda : “…Dibebaskan (dosa) bagi 3 (tiga) orang, yaitu orang tidur sampai dia bangun, anak kecil sampai menjadi besar, dan orang gila sampai dia kembali sadar(HR. Abu Daud).
 
 
| Hikmah Puasa dan Manfaat Puasa |
 
Hikmah Puasa yaitu untuk menyiapkan seseorang untuk memperoleh ketaqwaan. Dua kesenangan yang dapat diperoleh dari orang yang melaksanakan puasa, yaitu ketika seorang berbuka dan kesenangan ketika berjumpa dengan Allah SWT, yang di dalamnya mengandung kesenangan fisik, psikis dan spiritual.
 
 
Puasa memiliki hikmah dan rahasia yang terkandung di dalamnya, yaitu sebagai berikut :
1. hikmah puasa yaitu dapat menanamkan rasa sayang dan ramah kepada fakir miskin, kepada anak yatim dan kepada orang yang melarat hidupnya.
2. Hikmah puasa selanjutnya ialah untuk membiasakan diri dalam memelihara amanah, dengan tidak berdusta atau mengingkari janji.
3. puasa ini berhikmah untuk menumbuhkan kekuatan jiwa di dalam bersabar menghadapi cobaan dan godaan nafsu, baik badan, hati dan pikiran.
 
 
Menurut M. Anis Sumaji dan M. Najmuddin Zuhdi, Hikmah Puasa paling tidak ada 4 (empat), yaitu :
a. Hikmah puasa yaitu untuk melatih disiplin spiritual. Puasa telah mendidik kita untuk mengalahkan tuntutan-tuntutan jasmaniah dan memenangkan tuntutan-tuntutan rohaniah.
b. Puasa berhikma sebagai dasar disiplin moral. Puasa menganjurkan kita untuk bersikap jujur, ikhlas dan peduli kepada orang lain.
c. Hikmah puasa ialah untuk menanamkan nilai sosial. Puasa juga dapat memperkuat solidaritas sosial di dalam bermasyarakat.
d. Hikmah puasa yang terakhir yaitu untuk mewujudkan kesehatan jasmani. Puasa memiliki hikmah yang cukup penting bagi pelakunya, yaitu sehatnya fisik seseorang.
 
 
Allan Cott telah menghimpun hasil penelitian dan pengamatan para ilmuan di berbagai Negara mengenai hikmah puasa, di dalam sebuah buku yang berjudul “Why Fast” yang memuat :
1. To feel better physicall and mentally (merasa lebih baik secara fisik fan mental).
2. To look and feel younger (melihat dan merasa diri lebih muda).
3. To lower blood pressure and cholesterol levels (menurunkan tekanan darah dan kadar lemak).
4. To get more out of sexx (lebih mampu untuk mengendalikan nafsu birahi).
5. To let body health itself (membuat badan sehat dengan sendirinya).
6. To relieve tension (mengendorkan ketegangan jiwa).
7. To sharp the sense (menajamkan fungsi indrawi).
8. To gain control oneself (memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri).
9. To slow to agingprocess (memperlambat proses penuaan).
 
 
Dengan adanya hikmah puasa yang merupakan momen tepat untuk memperbanyak ibadah sekaligus untuk menyehatkan tubuh dan jiwa manusia. Mukmin sejati ialah ketika ia mampu mengendalikan diri dan melihat kelemahannya dan segera memperbaikinya. Karena puasa hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki iman dan jiwa yang taqwa, dan hanya dirinya dan Allah yang mengetahui bahwa dirinya berpuasa atau tidak.
 
 
Puasa dapat dijadikan sebagai terapi bagi orang yang menderita sakit atau terapi bagi orang yang tengah menghadapi permasalahan hidupnya. Puasa membuat manusia sehat dan kuat, serta optimis menghadapi setiap masalah yang datang, karena dirinya merasa yakin bahwa Allah SWT pasti akan menjadi penolongnya.
 
 
Berdasarkan pendapat sejumlah ahli kesehatan, puasa ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi yang menjalankannya. Adapun Manfaat Puasa, yaitu sebagai berikut :
1. Manfaat Puasa yaitu untuk mendapatkan ketenagan jiwa dan mengatasi strees.
2. Puasa bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan kecantikan.
3. Manfaat puasa ialah dapat memperlambat proses penuaan atau tampak awet muda.
4. Dengan puasa bermanfaat untuk proses penyembuhan dari berbagai macam jenis penyakit.
5. Manfaat puasa adalah dapat meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh.
6. Puasa memiliki manfaat agar organ tubuh dapat beristirahat, sehingga badan menjadi sehat dan bugar.
7. Manfaat puasa yaitu dapat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh manusia.
 
 
 
| Yang Menghilangkan Pahala Puasa |
 
Orang yang berpuasa hendaklah dapat menjaga diri dari bicara bohong dan membicarakan orang lain yang tidak baik dan sebagainya, seperti maki-maki. Seandainya ada seseorang memaki-maki kepada orang yang sedang puasa, maka hendaknya ia (orang yang sedang berpuasa itu) berkata : Aku sedang berpuasa tiga kali dengan lisannya. Menurut Imam Nawawi “atau dengan hatinya“.
 
 
Adapun yang menghilangkan pahala puasa dari Abu Hurairah, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda : “Jika salah seorang di antara kamu sedang berpuasa, maka janganlah beromong kotor pada waktu itu dan jangan juga bersuara keras, dan jika ia dicaci oleh seseorang atau diajak bertengkar, maka katakanlah : “Sesungguhnya aku seorang yang sedang berpuasa”. Demi Dzat yang diri Muhammad berada di dalam kekuasaan-Nya ! Sungguh bau mulut orang yang sedang berpuasa itu lebih harum dihadapan Allah daripada baunya minyak kasturi; dan orang yang berpuasa itu memiliki dua kegembiraan yang ia gembira dengan dua kegembiraan tersebut, yaitu : jika berbuka, ia gembira lantaran bukanya itu, dan jika bertemu Tuhannya (nanti), ia gembira lantaran puasanya itu(HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim).
 
 
Dan dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah bersabda : “Barang siapa tidak meninggalkan omongan kotor dan perbuatan dosa, maka Allah tidak lagi membutuhkan dia dalam meninggalkan makanan dan minumannya (puasa)(HR. Jama’ah, kecuali Muslim dan Nasa’i).
 
Sekian tulisan dari informasi ahli mengenai syarat puasa, hikmah puasa, manfaaat puasa dan yang menghilangkan pahala puasa, semoga tulisan informasi ahli mengenai syarat puasa, hikmah puasa, manfaat puasa dan yang menghilangkan pahala puasa dapat bermanfaat.
 

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– M. Anis Sumaji dan M. Najmuddin Zuhdi, 2008. 125 Masalah Puasa. Yang Menerbitkan PT Tiga Serangkai : Solo.
– Meisil B Wulur, 2015. Psikoterapi Islam, Yang Menerbitkan Deepublish : Yogyakarta.
Gambar Syarat Wajib Puasa, Manfaat PuaGambar Syarat Wajib Puasa, Hikmah Puasa, Manfaat Puasa dan Yang Menghilangkan Pahala Puasasa dan Keutamaan Puasa

Gambar Syarat Wajib Puasa, Hikmah Puasa, Manfaat Puasa dan Yang Menghilangkan Pahala Puasa

 
Syarat Wajib Puasa, Hikmah dan Manfaat Puasa | ali samiun |