Loading...

Keutamaan Mandi Hari Jum’at dan Dasar Hukumnya

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai keutamaan mandi hari Jum’at dan dasar hukum mandi hari jum’at.
 
 
Keutamaan Mandi Hari Jum’at dari Salman al-Farisi berkata, Rasulullah SAW bersabda : “Tidaklah seseorang di hari jum’at mandi dengan sebisa mungkin bersuci, kemudian memakai minyak rambut, atau memakai minyak wangi, kemudian keluar (untuk Shalat Jum’at) dengan tidak memisahkan antara dua (berangkat bersegera, sehingga tidak melewati dua orang yang telah datang terlebih dahulu) lalu melakukan shalat yang telah diperintahkan, lalu ia diam memperhatikan ketika imam menyampaikan khotbah, kecuali diampuni baginya apa yang di antara Jum’at itu dan Jum’at yang lain(HR. Bukhari).
 
 
Hadits ini mengandung perintah bahwa untuk bersih dan suci, untuk memperhatikan lahiriah, adab bersosial dan menjauhkan dari yang menyakitkan orang lain walaupun sedikit, juga untuk menambah amalan ibada pada hari-hari yang diutamakan, juga untuk memperhatikan imam jika ia sedang menyampaikan nasehatnya di dalam khotbah jum’at.
 
 
Hadits ini juga mengandung keterangan atas sempurnanya agama bahwa Allah SWT telah memberikan untuk hambanya kebaikan di dunia dan akhirat, maka barangsiapa yang mengerjakan apa yang dicintai oleh diri sendiri, seperti menghias lahir dan memakai wangi-wangian dan menjauhkan apa yang menyakiti orang mukmin lain, akan diberikan pengampunan baik dari dosa maupun kesalahan mulai dari hari jum’at ke hari jum’at yang lain, dan begitu seterusnya sampai bertemu dengan Allah SWT. Seperti yang difirmankan : “…Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya (Alquran Surah Az-Zumar : 73).
 
 
 
| Hikmah Mandi Hari Jum’at |
 
Para ulama berbeda pendapat perihal mandi hari jum’at, antara diwajibkan atau disunnahkan. Sebagian ulama berpendapat wajib, seperti mazhab ahli Dhahir dan satu riwayat dari Malik melihat nash di dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda : “Mandi hari Jum’at itu wajib bagi setiap orang baligh(HR. Bukhari dan Muslim).
 
Rasulullah SAW bersabda : “Jika salah satu dari kamu hendak melakukan shalat jum’at, maka hendaklah mandi(HR. Bukhari dan Muslim).
Umar bin khattab berkata : “Sesungguhnya Rasulullah SAW, menyuruh untuk mandi(HR Bukhari dan Muslim).
 
 
Adapun pendapat Jumhur Ulama, mandi hari jum’at hukumnya adalah sunnah, tidak wajib, ini juga pendapat Imam Malik. Adapun dalil yang menunjukkan mandi hari jum’at hukumnya sunnah, yaitu Utsman bin Affan berkata : “Suatu hari aku sedang sibuk, aku belum pulang kepada keluarga, sampai aku mendengar suara adzan, maka aku berhenti dari kesibukan dan aku berwudhu,” Umar bin Khattab berkata, “Dan selain wudhu juga engkau mengetahui Rasulullah SAW, menyuruh untuk mandi(HR. Muslim).
 
 
Keutamaan mandi hari jum’at dalam berbagai hadits yang disebutkan di atas ini tampak jelas, keutamaan yang diberikan Allah SWT untuk umat Islam juga besar; Sedangkan yang diperintahkan tidaklah berat, bahkan hal itu juga merupakan hal yang disenangi oleh jiwa, seperti membersihkan badan dan memakai wangi-wangian, apalagi berhias diri. Jangankan orang mukmin, orang yang tidak mengenal syariat juga mengerjakan hal ini, tapi mereka melakukannya bukan untuk amalan ibadah, namun hanya kebutuhan lahiriah duniawi saja.
 
 
Perlu diingat keutamaan ini tidak hanya pada mandi hari jum’at, namun harus menyeluruh apa yang ada di dalam kandungan hadits, yaitu mandi, berbersih diri, memakai wangi-wangian, berjalan dengan tenang, tidak menyakiti orang lain di dalam pergi ke masjid, menambah dengan amalan ibadah yang disunnahkan, dan mendengarkan dengan cermat apa yang disampaikan khatib pada khotbah jum’at.
 
 
Semua itu hal yang ringan, tidak ada yang berat, tidak ada resiko yang buruk. Sebagaimana juga perintah untuk diam, tenang, tidak bertanya selagi imam menyampaikan khotbah jum’at, dan bahkan diperintahkan untuk khusyuk dan mendengarkan dengan cermat.
 
Sekian tulisan informasi ahli mengenai keutamaan mandi hari Jum’at dan dasar hukum mandi hari jum’at, semoga tulisan informasi ahli mengenai keutamaan mandi hari Jum’at dan dasar hukum mandi hari jum’at dapat bermanfaat.
 

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Iyadah Bin Ayyub Al-Kubaisi, 2005. 40 Amalan Ringan Berpahala Besar. Yang Menerbitkan Gema Insani Press : Jakarta.
Gambar Keutamaan Mandi Hari Jum'at dan Dasar Hukum Mandi Hari Jum'at

Gambar Keutamaan Mandi Hari Jum’at dan Dasar Hukum Mandi Hari Jum’at

 
Keutamaan Mandi Hari Jum’at dan Dasar Hukumnya | ali samiun |