Loading...

Ibadah Berjalan Ke Masjid Untuk Melaksanakan Shalat

Hai Pembaca, Kali ini Informasi Ahli akan membahas mengenai berjalan ke masjid untuk melaksanakan shalat sebagai ibadah.
 
 
Berjalan ke masjid untuk melaksanakan Shalat adalah suatu ibadah, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda :Barangsiapa yang bersuci di rumahnya, kemudian berjalan dari rumah menuju salah satu rumah Allah SWT (Masjid) untuk melakukan suatu faridhah (shalat lima waktu) maka setiap dua langkahnya yang satu menghapuskan satu kesalahan dan yang lain mengangkat satu derajat(HR. Muslim).
 
 
Dalam hadits di atas ini, Rasulullah SAW menerangkan bahwa siapa yang berwudhu dengan benar, melaksanakannya dengan sempurna sesuai yang ditentukan, lalu menuju ke masjid untuk melaksanakan salah satu dari shalat fardhu yang lima, dan tidak ada maksud lain selain itu; Maka Allah SWT akan mengagungkan langkahnya dengan memberi balasan dari setiap satu langkah, mengampuni satu dosa dan menghapuskan satu kesalahan, dan langka yang lain akan dibalas dengan mengangkat satu derajat kemuliaan, dan ini mencakup seluruh langkah tidak ada yang tertinggal satu pun.
 
 
Mengenai Berjalan Pulang dari masjid sesudah shalat juga dihitung sama dengan berjalan menuju ke masjid untuk melaksanakan shalat, di dalam hadits : Ubay bin Ka’b berkata, “Apa yang membuat saya senang atas dekatnya rumahku dari masjid, aku ingin langkahku ditulis kebaikan tatkala aku berangkat ke masjid, dan ketika aku pulang“. Rasulullah SAW, bersabda :Allah telah menghimpun bagimu seluruhnya(HR. Muslim). Maka setiap langkah pulang dari masjid setelah shalat juga dihitung sama. Ini merupakan kesempurnaan pemberian Allah, maka segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam.
 
 
Beberapa hadits juga menerangkan keutamaan berjalan ke masjid, di antaranya sabda Rasulullah SAW :Barangsiapa yang pergi ke masjid atau pulang, maka Allah SWT telah menyiapkan di dalam surga, setiap pergi atau pulang(HR. Bukhari dan Muslim).
 
Hadits lainnya mengenai keutamaan Bejalan kaki ke Masjid untuk melaksanakan shalat, Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda :Tidaklah engkau ingin aku tunjukkan kepadamu apa yang dengannya Allah SWT menghapuskan kesalahan dan mengangkat derajat kemuliaan ?Sahabat menjawab :Baik ya Rasulullah“. Rasulullah bersabda :Menyempurnakan wudhu, banyaknya langkah ke masjid dan menunggu shalat setelah shalat. Hal ini kebaikannya sama dengan waspada di medan perang(HR. Muslim).
 
 
Kemudian Rasulullah SAW mengkhususkan waktu gelap di dalam sabdanya :Berikanlah kabar gembira kepada orang yang berjalan ke masjid di dalam kegelapan dengan sempurnanya cahaya pada hari kiamat(HR. Tirmidzi). Hal ini dikarenakan berjalan ke masjid memiliki keutamaan, maka Rasulullah SAW melarang beberapa sahabatnya yang hendak pindah tempat tinggal ke dekat masjid.
 
 
Sungguh berjalan kaki ke masjid untuk melaksanakan shalat merupakan amalan ibadah kecil yang bernilai pahala yang besar. Apa lagi kalau jalannya agak jauh, mungkin akan sedikit berat, akan tetapi jika dibandingkan dengan pahala yang dijanjikan berupa penghapussan kesalahan dan penambah derajat kemuliaan, yaitu setiap langkah dihitung, tentu ini adalah karunia yang sangat besar dan rahmat yang amat agung. Lantas apanya yang berat ?.
 
Sekian tulisan informasi ahli mengenai berjalan kaki ke masjid untuk melaksanakan shalat sebagai ibadah, semoga tulisan informasi ahli mengenai berjalan kaki ke masjid untuk melaksanakan shalat sebagai ibadah dapat bermanfaat.
 

Sumber : Tulisan Informasi Ahli :

– Iyadah Bin Ayyub Al-Kubaisi, 2005. 40 Amalan Ringan Berpahala Besar. Yang Menerbitkan Gema Insani Press : Jakarta.
Gambar Ibadah Berjalan Ke Masjid Untuk Melaksanakan Shalat

Gambar Ibadah Berjalan Ke Masjid Untuk Melaksanakan Shalat

 
 
Ibadah Berjalan Ke Masjid Untuk Melaksanakan Shalat | ali samiun |